Jumat, 24 Februari 2017

Bagian Deklarasi

Bagian Deklarasi

               Bagian ini digunakan untuk mengumumkan semua nama yang dipakai di dalam algoritma beserta propertinya (misalnya tipe). Nama tersebut dapat berupa nama konstanta, nama peubah, nama tipe, nama prosedur dan nama fungsi. Semua nama yang dipakai di dalam algoritma harus dikenali sebelum mereka digunakan. Bagian deklarasi mungkin kosong jika tidak ada penggunaan nama. Program HelloWorld mengandung bagian deklarasi yang kosong, sedangkan program FahrenheitCelcius berisi deklarasi nama-nama peubah yang digunakan di dalam program beserta tipenya sebagai berikut:

                F, C,  x, y, dan step adalah nama-nama peubah yang digunakan di dalam bagian algoritma. Nama-nama peubah ini beserta tipenya harus diumumkan di bagian deklarasi sebelum mereka digunakan.

              Contoh-contoh deklarasi yang lain (deklarasi nama konstanta, nama tipe, nama peubah, nama prosedur dan fungsi) adalah seperti di bawah ini:

         Npeg dan phi adalah nama konstanta, Titik adalah nama tipe, c, q, dan ketemu adalah nama peubah, Apakah_A adalah nama fungsi, dan Tukar adalah nama prosedur.

    Oleh karena nama adalah satu kesatuan leksikal, maka nama tidak boleh mengandung spasi, tanda baca (seperti titik, koma, dan sebagainya), operator (seperti +,-,:, dan sebagainya). Karakter garis bawah (“_”) dapat digunakan untuk mengganti spasi. Jadi, menuliskan nama fungsi sebagai

Adalah benar, tetapi

Salah karena mengandung spasi.

         Selain spasi, kita juga tidak membedakan huruf besar (kapital) dan huruf kecil di dalam notasi algoritmik kita. Namun, pada bahasa pemrograman yang case sensitive seperti bahasa C, huruf besar dan huruf kecil adalah dua karakter yang dianggap berbeda.

 

Tidak ada komentar:

Adsense