Selasa, 03 Januari 2017

Runtunan

Runtunan
   Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih pernyataan, setiap pernyataan ditulis dalam satu baris atau dipisahkan dengan tanda titik koma. Tiap pernyataan dikerjakan secara berurutan (sekuensial) sesuai dengan urutannya di dalam teks algoritma, yaitu sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhirnya mungkin juga berubah. Runtunan satu atau lebih pernyataan dinamakan pernyataan-gabungan (compound statements).

   Perhatikan runtunan lima buah pernyataan yang dilambangkan dengan s1, s2, s3, s4 , dan s5 berikut:

 
   Mula-mula pemroses melaksanakan pernyataan s1. Pernyataan s2 dilaksanakan setelah pernyataan s1 selesai. Selanjutnya, pernyataan s3 dilaksanakan setelah pernyataan s2 selesai. Demikian seterusnya sampai pernyataan terakhir s5 dilaksanakan. Setelah pernyataan s5 selesai dilaksanakan, algoritma berhenti.

   Sebagai contoh pertama, tinjau kembali algoritma mempertukarkan isi dua buah ember A dan B di materi sebelumnya.


   Algoritma di atas adalah sebuah runtunan yang terdiri atas tiga buah pernyataan. Tiap pernyataan akan dieksekusi dalam urutan yang sama sebagaimana tertulis di dalam teks algoritma tersebut. Hasil akhir algoritma ini adalah: ember A berisi air dari ember B semula, dan ember B berisi air dari ember A semula.

   Algoritma pertukaran isi dua buah ember memberikan inspirasi bagaimana mempertukarkan nilai dari dua buah peubah (variabel). Misalkan peubah A berisi nilai 8 dan peuban B berisi nilai 5. Kita ingin mempertukarkan nilai A dan B sedemikian sehingga A bernilai 5 dan B bernilai 8. Kalau Anda menulis algoritmanya seperti ini:

   maka hasilnya A = 8 dan B = 8, tidak terjadi pertukaran karena algoritmanya salah. Agar pertukaran keduanya benar, maka kita memerlukan peubah bantu, misalnya C, sehingga algoritmanya menjadi:



   Ilustrasi ketiga pernyataan ini ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Adsense