Sabtu, 31 Desember 2016

Pemrograman Prosedural

Pemrograman Prosedural
   Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti langkah-langkah di dalam algoritma menyatakan proses yang prosedural.
   Definisi prosedur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
Prosedur        : 1. Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu  aktivitas;
: 2. Metode langkah demi langkah secara eksak dalam memecahkan suatu          masalah (KBBI 1988)
   Pada pemrograman prosedural, program program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtunan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses. Alur  pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya penabangan/kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun. Kita katakan bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau prosedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemroraman prosedural. Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C mendukung kegiatan pemrograman prosedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural.
   Selain paradigma pemrograman prosedural, paradigma pemrograman yang populer saat ini adalah pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau OOP). Pada paradigma ini, data dan instruksi dibungkus (encapsulation) menjadi satu. Kesatuan ini disebut kelas (class) dan instansiasi kelas pada saat run-time disebut objek (object). Data du dalam objek hanya dapat diakses oleh instruksi yang ada di dalam objek itu saja.
   Paradigma pemrograman yang lain adalah pemrograman fungsional, pemrograman deklaratif, dan pemrograman konkuren. Di sini akan dijelaskan paradigma pemrograman prosedural saja. 

Tidak ada komentar:

Adsense