Sabtu, 31 Desember 2016

Kumpulan Soal Latihan tentang Algoritma & Pemrograman

Kumpulan Soal Latihan tentang
Algoritma & Pemrograman
1. Tuliskan beberapa contoh algoritma yang lain dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan beberapa contoh langkah di dalam algoritmanya!

2. Tiga pasang suami istri yang sedang menempuh perjalanan sampai ke sebuah sungai. Di situ mereka menemukan sebuah perahu kecil yang hanya bisa membawa tidak lebih dari dua orang setiap kali menyeberang. Penyeberangan sungai dirumitkan oleh kenyataan bahwa para suami sangat pencemburu dan tidak mau meninggalkan istri-istri mereka jika ada lelaki lain. Tulislah algoritma untuk menunjukkan bagaimana penyeberangan itu bisa dilakukan!

3. Misalkan terdapat dua buah ember, masing-masing mempunyai volume 5 liter dan 3 liter Tuliskan algoritma untuk memperoleh air sebanyak 1 liter dengan hanya menggunakan kedua ember tersebut!

4.  Tiga buah cakram yang masing-masing berdiameter berbeda mempunyai lubang di titik pusatnya. Ketiga cakram tersebut dimasukkan pada sebuah batang besi A sedemikian sehingga cakram yang berdiameter lebih besar selalu terletak di bawah cakram yang berdiameter lebih kecil (Seperti Gambar dibawah). Tulislah algoritma untuk memindahkan seluruh cakram tersebut pada sebuah batang besi B; setiap kali hanya satu cakram yang boleh dipindahkan, tetapi pada setiap perpindahan tidak boleh ada cakram yang lebih besar berada di atas cakram kecil. Batang besi C dapat dipakai sebagai tempat peralihan dengan tetap memegang aturan yang telah disebutkan!

5. Pada peristiwa pemilihan kepala desa (kades), Setiap warga yang mempunyai hak pilih memilih satu diantara 4 calon kades. Kartu suara memuat foto dan nomor urut kades. Warga mencoblos calon kades yang dipilihnya, lalu masukkan kartu suara ke dalam sebuah kotak. Setelah pemungutan suara usai, kegiatan selanjutnya adalah menghitung jumlah suara untuk masing-masing calon. Untuk menghitungnya, panitia tidak menggunakan tabel cayley seperti yang biasa dilakukan orang, tetapi menyediakan empat buah kotak kosong (yang merepresentasikan 4 calon kades). Satu per satu kartu suara diambil dan dibaca. Setiap kali kartu suara berisi coblosan nomor satu, maka sebutir batu kecil dimasukkan ke dalam kotak 1. Begitu pula setiap kali kartu suara berisi coblosan nomor dua, maka sebutir batu kecil dimasukkan ke dalam kotak 2. Hal yang sama juga dilakukan untuk kartu yang berisi coblosan nomor 3 dan 4. Demikian seterusnya sampai semua kartu suara habis dibaca. Akhirnya, jumlah batu di dalam setiap kotak menyatakan jumlah suara yang diraih oleh setiap calon kades. Tulislah algoritma untuk menghitung jumlah suara untuk masing-masing calon kades dengan metode perthitungan yang unik ini. Asumsikan bahwa semua suara adalah sah (tidak ada golput).

6. Di manakah letak kesalahan algoritma menjalankan sepeda motor berikut ini:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Minta jawaban untuk nomor 4

maragopan mengatakan...

Jawaban soal tersebut ada di http://www.maragopan.com/2017/01/jawaban-soal-latihan-tentang-algoritma.html
Terima Kasih

Adsense